Tips Pemasaran Website Baru Agar Mudah Dicari Orang
Setelah website sudah siap di publish, ada beberapa tips dan Langkah-langkah agar website anda mudah dijangkau oleh banyak orang, melihat banyaknya website yang berada dalam internet sekarang ini, lebih dari dua juta website yang ada sekarang ini dan pastinya anda harus memiliki trik jitu agar dapat meningkatkan kunjungan dan dapat bersaing dengan website lainnya sehingga bisnis anda makin dikenal banyak orang. Ketika website anda bisa bersaing, maka akan mudah bagi bisnis anda untuk berkembang secara signifikan.
Dengan trik pemasaran yang benar dan didasari rencara yang matang dan tetap akan membuat bisnis anda sukses besar tidaklah mustahil. Membuat rencana yang matang dan terkonsep tidak hanya membantu anda dalam menjalankan bisnis, teapi juga membantu anda dalam mengevaluasi rencana yang nada buat sesuia dengan respon dari hasil yang anda terima.
Berikut tips jitu pemasaran website baru adar mudah dicari orang dan tentunya membantu anda agar dapat bersaing dengan website lainnya.
1. Tentukan tujuan pemasaran website
Langkah yang pertama adalah menentukan tujuan pemasaran website. Perlu dipikirkan dahulu apa yang ingin anda dapatkan, apakah anda ingin memperbanyak kunjungan? Atau meningkatkan penjualan? Atau untuk tujuan lainnya?
Mungkin ada banyak sekali tujuan pemasaran saat ini, tapi yang terpenting tentukan dulu tujuan utama pemasaran website anda.
2. Tentukan target audience secara detail
Pemasaran anda akan berjalan baik dan maksimal bila focus pada orang-orang yang tertarik dan berminat pada produk anda. Analisa target market anda agar dapat mengetahui seberapa tertarik atau berminat target market anda pada produk yang anda jual danAnalisa sebab akibat apa yang membuat target konsumen anda tertarik atau berminat pada produk anda.
Berikur beberapa factor yang menjadi pertimbangan dalam menentukan target pasar;
- Umur
- Lokasi
- Jenis Kelamin
- Tingkat Pendidikan
- Tingkat pendapatan
- Pekerjaan
- Hobi
- Status sosial
- Sikap kepribadian
- Sikap belanja
3. Tentukan perkiraan anggaran
Pemasaran website memiliki dua usaha yang harus dilakukan, yaitu wakktu dan uang. Jika ingin menghemat uang maka harus bersedia meluangkan banyak waktu, begitu juga sebaliknya. Jadi sebelum anda memulai pemasaran, perkirakan dulu jumlah anggaran yang anda punya.
Beberapa pemasaran online tidak memerlukan biaya apapun kecuali bila anda mempekerjakan seseorang untuk melakukannya. Sedangkan untuk layanan pencarian berbayar atau iklan, akan menghabiskan biaya yang tidak sedikit atau bahkan merugi bila tidak memprsiapkannya dengan matang.
Bila anda ingin memangkas anggaran, coba kombinasikan kemampuan Anda dengan respon audiens. Misalnya anda ingin mencoba pemasaran dengan konten tapi anda tidak pandai menulis kata-kata, pertimbangkan apakah audiens Anda dapat merespon dengan baik atau anda biasa mempekerjakan tenaga professional untuk memaksimalkan pemasaran.
4. Tentukan strategi pemasaran yang akan anda gunakan
Setelah menentukan target audience dan memperkiraan anggaran yang ada, saatnya anda Menyusun strategi pemasaran yang tepat. Bila anda belu terbiasa maka akan membutuhkan waktu yang lama karena setiap orang memiliki strategi berbeda-beda dalam pemasaran secara online.
Bila anda memutuskan untuk melakukannya sendiri, maka nada harus bersedia meluangkan wangktu untuk mempelajari dan Menyusun pemasaran, tapi jika anda memilih untuk mengerjakan seseoarang maka pastikan anda sudah mempunyai pemahaman tentang berbagai strategi pemasaran online agar dapat menentukan strategi yang tepat dam pilihlah orang yang sudah berpengalaman yang anda percayai untuk menjalankan strategi tersebut.
Berikut strategi yang bisa anda lakukan;
- SEO (Search Engine Optimization)
- Menggunakan layanan pencarian berbayar
- Content marketing
- Email marketing
- Social media Marketing
- Pemasaran melalui afiliasi
Masing- masing Langkah diatas memiliki keterkaitan dan mempunyai kelebihan dan kekurangannya, tapi dengan memaksimalkan Langkah-langkah diatas akan membuat pemasaran yang anda lakukan memilki hasil yang tidak mengecewakan. Dengan mengetahui tujuan dan audiens yang paling ingin Anda capai maka akan semakin mudah dalam menentukan strategi apa yang harus diprioritaskan.
5. Buatlah Rencana
Sekarang saatnya anda Menyusun rencana yang jelas dengan Langkah-langkah yang spesifik. Jika anda ingin sukses dalam pemasaran online maka anda harus memiliki komitmen dengan rencana anda. Misalnya anda memlakukan pemasaran lewat media sosial, buat jadwal untuk memperbarui post atau status dan selalu berinteraksi dengan audience. Jika anda menulis blog, maka jadwalkan dan berikan tenggang waktu untuk menyelesaikan tulisan tersebut.
Satu-satunya cara anda berhasil adalah dengan teratur dan komitmen dengan jadwal dan rencana yang anda buat. Dan jika anda ingin orang-orang membaca situs yang anda buat, pastikan semua rencana dan jadwal telah anda selesaikan dengan baik.
Jika anda merasa rumit dan bingung melihat Langkah-langkah tersubut, jangan menyerah dan terus belajar untuk meningkatkan kemampuan diri anda. Jika nada memiliki anggaran lebih maka anda juka bisa menggunakan jasa seseorang untuk membantu anda memasarkan website dan sengan hal ini anda hanya focus untuk memikirkan produk dan konten yang ingin anda tawarkan dalam website.
Semoga bermanfaat dan jangan lupa Bahagia.