fbpx

Tips Memulai Bisnis Online Untuk Pemula

Memasuki era yang serba digital saat ini, bisnis online merupakan salah satu sumber cuan yang banyak diminiti orang sekarang ini. Dengan perkembangan teknologi yang begitu cepat dan pengguna internet yang sangat banyak, hal ini menjadi peluang untuk membangun bisnis online yang memiliki potensi keutungan yang besar

Bisnis online yang tak terikat oleh ruang dan waktu memberikan daya tarik tersendiri, apalagi sekarang ini bisnis online mudah untuk dipelajari bahkan oleh pemula sekalipun. Ada banyak informasi tentang bisnis online yang bisa anda pelajari, baik yang gratis maupun yang berbayar. Berikut tips memulai bisnis untuk pemula yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

Cari Masalah Yang dihadapi Pasar

Produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar sangan mungkin untuk memenangkan persaingan yang ada, begitu juga sebaliknya. Menurut riset, sebagian besar startup bangkrut karena tidak bisa mengidentifikasi sumber permasalahan yang ada. Dan salah satu kegagalan startup adalah produk yang mereka jual tidak bisa menjadi solusi atas apa yang dihadapi pasar.

Apabila anda ingin berbisnis fashion, makanan, atau produk kecantikan, maka hal yang perlu anda pertimbangkan adalah apakah produk yang anda jual dibutuhkan oleh pasar atau tidak.

Berikut tips untuk mencari masalah yang dihadapi pasar yang sudah kami rangkum langkah demi langkahnya.

identifikasi masasalah 

Ada beraneka ragam masalah yang ada dalam masyarakat ini, observasi dan identifikasi masalah yang didalamnya terdapat peluang bisnis yang menguntungkan dan tentunya harus realistis

Cari Peluang Bisnis

Jangan pernah terjebak pada asumsi pribadi, cobalah lihat permasalahan dari berbagai sudut pandang. Gunakan berbagai macam sarana seperti media sosial, grup forum, marketplace dan lainnya untuk melengkapi data yang anda perlukan

Jangan sungkan untuk berinteraksi langsung pada sampel pasar untuk mengetahui secara langsung respon mengenai permasalahan tersebut.

Riset Pasar

Sudah menjadi kewajiban bagi pelaku bisnis online untuk melakukan riset pasar, agar nantinya dapat merancang strategi yang tepat dan akurat. Oleh karena itu, carilah data yang objektif agar menunjang kefektifan strategi anda sehingga keputusan yang anda buat bukan hanya sekeder asumsi atau perkiraan belaka.

Riset Keyword

Meriset keyword adalah car termudah untuk mendapatkan ide bisnis onlone. Anda bisa melihat permasalhan kemudian mencari solusi atas masalah tersebut. Misalkan ketika muncuk keyword “bisnis online tanpa modal” anda bisa membanyangkan kira-kira apa permasalahan dan apa solusi yang diharapkan konsumen.

Anda juga harus mengecek tren pencariannya, seberapa besar volume pencariannya, lokasi pencari terbanyak, dan keyword apa yang yang terkait. Terdapat beberapa keyword tool yang bisa diandalkan seperti Semrush, Ahrefs, Google Trends, dan Ubersuggest.

Cek Apa Yang Teb Di Sosial Media

Riset di media sosial adalah cara yang sangat mudah dan akurat, karena orang-orang menumpahkan segala bentuk keluh kesahnya di media sosial. Jadi anda hanya perlu mencari keyword yang berkaitan dengan masalah yang sedang anda riset dan anda akan menemukan postingan yang berkaitan.

Bergabung ke Grub Forum

Dalam meriset pasar anda harus bertanya dan mendapatkan respon langsung dari pasar yang anda riset. dengan bergabung dalam grub forum anda dengan mudah berinteraksi bahkan menambah resalsi untuk menyempurnakan data-data yang anda butuhkan.

Buat Survey

Anda dapat membuat survey untuk mendapatkan informasi lebih detail lagi mengenai perilaku pasar. Salah satu keutungannya, anda bisa menanyakan pendapat atau ulasan pribadi yang tidak ada di grup forum dan anda bisa mendapatkan saran dari ulasan tersebut.

Analisis Kompetitor

cara memulai bisnis online selanjutnya dalah menganalisa kompetitor. Pelajari kelebihan dan kekurangan konsumen agar anda dapat menentukan kelebihan anda yang anda tawarkan kepada konsumen yang tidak dimiliki oleh kompetitor. Kemudian analisa juga bagaimana kompetitor membangun bisnisnya agar anda mempunyai gambaran lebih dalam menentukan strategi yang tepat untuk bisnis anda

Kelompokkan Kompetitor

Secara  umum ada tiga pengelompokkan kompetitor, yakni komeptitor utama, kompetitor sekunder, dan kompetitor tersier, berikut penjelasannya.

  • Kompetitor utama merupakan mereka yang memiliki target pasar sama dengan bisnis kamu atau bisnis yang punya produk mirip dengan milik kamu
  • Kompetitor sekunder merupakan mereka memiliki produk yang sama, namun menargetkan pasar yang berbeda. Contohnya kamu punya bisnis guest house sementara kompetitor sekunder kamu adalah hotel bintang lima
  • Kompetitor tersier adalah mereka tidak secara langsung berkompetisi dengan target pasar kamu, tapi mereka menghasilkan produk yang masih berhubungan langsung dengan produk Anda.

Fungsi dari pengelompokan tersebut yaitu agar anda dapat fokus membangun strategi anda untuk memenangkan persaingan

Kunjungi Website Kompetitor

Website merupakan representasi online dari perusaahaan. Anda bisa mengidentifikasi setiap detailnya. Berikut bebrapa pertanyaan yang dapat membantu anda.

  • Seperti apa mereka menampilkan produk dan detailnya?
  • Bagaimana mereka menampilkan media sosial di website?
  • Seberapa cepat loading website mereka?
  • Apakah mereka menyediakan layanan bantuan 24 jam?
  • Apa saja menu utama di website mereka?
  • Apakah mereka menampilkan testimoni konsumen di website?
  • Metode pembayaran apa yang mereka tawarkan?
  • Metode pengiriman barang apa saja yang mereka sediakan?

Riset dengan teliti agar anda dapat membuat website yang lebih baik dari kompetitor anda.

Kunjungi sosial Media kompetitor

Anda juga perlu mengunjungi media soasial kompetitor. Berikut pertanyaan yang dapat membantu anda.

  • Media sosial apa sja yang mereka gunakan?
  • Sejauh apa tingkat efektivitas media sosial mereka?
  • Apakah mereka responsive terhadap komentar konsumen?
  • Konsep apa yang mereka gunakan dalam postingan mereka
  • Apakah mereka memanfaatkan influecer? jika iya, siapa saja?

Cari review Kompetitor

Anda dapat mengetahui secara langsung kelebihan dan kekurangan kometitor melalui reveiw dari pelanggan. berikut pertannyaan yang dapat membantu anda

  • Seberapa besar tingkat kepuasan pelanggan dengan produk dari kompetitor?
  • Keluhan apa saja dari pelanggan?
  • Apakah harga produk kompetitor terlalu mahal untuk pelanggan atau sudah pas?
  • Apakah pelanggan sudah puas dengan customer service dari kompetitor?
  • Harapan apa yang diinginkan pelanggan dari produk kompetitor

Identifikasi Market Positioning Kompetitor

Simpulkan market positioning kompetitor. Market ompetitor merupakan image produk dihadapan pelanggan. Contohnya Toyota dan Lexus punya market positioning yang berbeda. Lexus memposisikan mobilnya sebagai simbol kemewahan, sementara Toyota memposisikan mobilnya sebagai mobil keluarga dengan harga terjangkau.

Anda bisa mengikuti website dan sosial media kompetitor, atau bahakan membeli produknya untuk bisa mengethui secara detail kekurangan kompetitor.

Bandingkan Harga kompetitor

bisnis online atau offline terlaris pasti memiliki harga yang kompetitif. Konsumen masih menganggap bahwa harga sebagai faktor utama ketika membeli sebuah produk.Jadi anda bisa menghitung rata-rata harga produk yang dijual dipasaran lalu anda dapat menentukan harga yang tepat untuk produk anda.

Cari model Bisnis

Pillih dan tentukan model bisnis yang paling menguntungkan, walaupun produknya sa am tapi cara penjualannya berberda-beda. Anda bisa menjualnya lewat website, marketpalce,atau sosial media yang tentunya punya kelebihan masing-masing.

Setiap pllatform akan berpengaruh pada metode penjualan anda. Menjual makanan lewat Instagram pasti beda caranya dengan lewat WhatsApp. oleh karena itu, anda harus mempersiapkan teknis yang tepat untuk menjalankan bisnis beserta resiko-resiko yang harus dihadapi.

Tentukan Target Pasar

Menentukan target pasar berhuna untuk memeperjelas  \produk yang hendak anda jual.Target pasar merupakan sekelompok orang yang memiliki karakteristik yang memiliki potensi untuk membeli prduk yang anda jual.

Setiap bisnis pasti memiliki target pasarnya masih-masing.Menentukan target pasar secara spesifik dapat membantu anda untuk mengembangkan produk sesuai kebutuhan pasar dan tentunya memudahkan anda dalam merancang strategi pemasaran yang tepat.

Kelompokan Target Pasar

Sebelum anda memulai bisnis online walaupun tanpa modal, anda harus menentukan target pasar anda berdasarkan dua pengelompokan, yaitu demografi dan psikografi.

Demografi

  • Umur 
  • Lokasi
  • Tingkat pendidikan
  • pendapatan
  • status 
  • pekerjaan
  • latarbelakang

Psikografi

  • Minat
  • Hobi
  • Nilai-nilai yang dianut

Tentukan Buyer Persona Bisnis Anda

Persona buyer merupakan gambaran ideal bagi pembeli produk anda. Agar dapat menemukannya, anda harus melakukan interview dengan beberapa konsumen. Tujuannya untuk mengetahui secara detail dan real seperti apa konsumen sebenarnnya.

Ada dua jenis buyer persona, yakni buyer persona positif dan buyer persona negatif. Buyer persona postif adalah pembeli yang berpotensi membeli produk anda, sedangkan buyer persona negatif yaitu mereka yang tidak mungkin membeli produk anda.

Contohnya brand pakaian high-end seperti Versace, Louis Vuitton, Gucci, yang punya buyer persona positif berupa orang dari kalangan ekonomi atas. Sementara buyer persona negatifnya adalah kalangan ekonomi menengah ke bawah.

Mengelompokkan target pasar meruapakan cara untuk mempermudah anda dalam memulai bisnis online dengan atau tanpa modal sekalipun. Setelaha anda menyelesaikan tahap ini maka nada tingga menyusun strategi marketing yang tepat.

Tentukan Produk Yang Bisa Dijual Secara Online

Bila sudah mengamati data dari riset pasar, analisa kompetitor, dan target pasar setidaknya anda sudah memiliki gambaran tentang produk yanga akan anda jual. Anda harus juga memastikan bahwa produk yang anda jual dibutuhkan oleh pasar

Produk yang nada jual harus punya keunikan atau kelebihan tersendiri ( unique pint sell) sehingga anda dapat bersaing dengan kompetitor.

Buat Website

Memulai bisnis online akan terasa kurang jika bisnis anda tidak memiliki website, karena menjadi salah satu cara konsumen menguji kredibilitas bisnis anda.Mengutip survei Verisign, penyedia layanan registri nama domain dan infrastruktur internet yang berbasis di Amerika, sebanyak 56 persen orang tak percaya pada bisnis online yang tak punya website.

Bila tidak ingin para calon konsumen anda lari ke kompetitor, amda harus meyakinkan para konsumen anda bahwa bisnis anda benar-benar ada. Dengan cara membangun website yang profesional.

Perkembangan teknologi saat ini cepat sekali perkembangannya, jika nada tidak menguasai ilmu untuk membuat website, sekarang sudah banyak pelatihan-pelatihan yang bisa nada pelajari atau anda bisa menggunakan jasa pembuatan website jika anda memiliki dana yang cukup,

Pasarkan Produk dengan strategi yang tepat

memasarkan bisnis online juga menguji kehandalan anda dalam berbisnis. pemasaran merupakan hal terpenting dalam berbisnis, jika anda ingin sukses dalam berbisnis maka hal terpenting yang harus anda kuasai terlebih dahulu adalah skil pemasaran

Anda harus menyususn strategi yang tepat dan sesuai dengan target market dan situasi pasar anda. Ada banyak tips pemasaran online yang bisa nada pelajari, berikut tips pemasaran online yang dapat membantu anda.

Manfaatkan Google Bisnisku (Google My Business)

Google bisnisku meruapakan fitur untuk pemilik bisnis yang berguna untuk mempermudah konsumen menemukan informasi tentang bisnis andaDari nama bisnis, alamat perusahaan, alamat email perusahaan, jam operasional, website perusahaan, nomor telepon perusahaan, foto kantor, sampai review pelanggan.

Optimasi SEO

Memiliki situs bisnis online yang berada paling atas dalam pecarian google merupakan dambaan bagi para pebisnis tapi dengan syarat anda harus bersaing dengan ribuan situs lainnya.

Salah satu cara yang bisa nada lakukan adalah optimasi SEO. Orang yang mengoptimasi SEO yaitu SEO speciaist, anda bisa mengguankan jasa mereka untuk meningkatkan trek website anda agar bisa mendapat tempat di mesin pencarian.

Maksimalkan Media Sosial

Bisnis online memang kebanyakan sudah memakai sosial media, tetapi banyak bisnis online yang sulit berkembang dan mengalami stag karena tidak mengoptimalkan sosial media. 

banyak cara agar sosial media anda dapat bekerja secara optimal. Sekarang sudah ada jasa sosial media specialist yang akan menghandle sosial media anda agar bekerja secara optimal. Pastinya anda akan mendulang keuntungan yang maksimal jika anda menggunakan sosial media dengan baik dan benat.

Pertahankan Pelanggan Setia Anda

Produk yang anda jual mendapatkan banyak konsumen baru? itu berita bagus, tapi jangan lupakan konsumen lama anda karena mempertahankan konsumen lama jauh lebih mudah dan murah harganya daripada mendapatkan konsumen baru. berikut cara-cara mempertahankan konsumen lama.

Maksimalkan layanan Custumer Service

Anda bisa mengapresiasi konsumen dengan menghadikan customer service untuk membantu segala keluhan konsumen.Salah satu latinya konsumen adalah mendapatkan layanan yang kurang baik, jadi bangun layanan yang baik melalui customer service yang siap sedia membantu konsumen. tak heran jika online shop terlaris memiliki customer service yang selalu siap mendengarkan dan membantu keluhan konsumen.

Bila tidak mampu menghadirkan layanan customer service yang biak, anda harus siap kehilangan konsumen setia.

Loyalty Card

Cara ini cukup jitu untuk mengajak monsumen selalu berbelanja produk anda. Sistem loyalty card akan memberikan poin tertentu yang ditabung sampai nilai tertentu. Selanjutnya pelanggan akan mendapatkan produk gratis atau hadiah.

Bila inegin menggunakan sistem loyalty card, kamu bisa memberi banyak opsi bagi pelanggan untuk mendapat poin. Selain membeli, kamu juga bisa memberikan poin untuk membagikan konten atau review tentang brand.

Email Marketing

Cara lain yang cukup efektif adalah dengan menghubungi pelanggan lewat email. Komunikasi lewat email atau email marketing cukup efektif nan personal. Melalui cara ini, kamu bisa mempromosikan produk-produk terbaru ke segmen pelanggan yang spesifik.

Konsisten Dalam Berbisnis

Bagi pebisnis pemula, hal yang perlu diperhatian dalam berbisnis yaitu bagaimana caranya agar terus konsisten dalam berbisnis. Dalam dunia bisnis, pebisnis akan sering menemukan rintangan-rintangan yang terkadang bisa menjatuhkan mental pebisnis bahkan sering juga kegagalan menimpa seorang pebisnis.

Ketika Seorang pebisnis dapat melewati berbagai rintangan dan kegagalan, maka pebisnis juga kan mendapatkan pengalaman dan pelajaran yang sangat berharga. Pebisnis dituntut untuk selalu kreatif dan inovatif menyususn strategi yang solutif terhadap segala situasi yang menimpa bisnis mereka. Selalu konsisten dan pantang menyerah merupakan kunci kesuksesan dalam berbisnis.

Semoga langkah-langkah diatas dapat mebantu anda menemukan bisnis online yang cocok bagi anda. Lets Work and jangan lupa bahagia.

Yuk Tanya Radja Digital