fbpx

Tips Launching Produk Baru

Sebagai owner bisnis tentunya akan serinf sekali menghadapi tantangan dan kendala ketika meluncurkan sebuah produk baru. peluncuran produk baru yang tentunya memerlukan ide-ide yang cemerlang untuk mecapai goals yang diinginkan, namun jangan terburu-tubur dan Anda harus mengetahui cara, tahapan, dan strateginya terlebih dahulu.

Melakukan Riset Terhadap Produk Kompetitor

Menjadikan persaingan sebagai masalah serius merupakan langkah yang tepat untuk menciptakan strategi yang efektif. Mulailah melakukan riset dengan mencari produk serupa dengan produk Anda. Langkah ini merupakan langkah yang sangat penting untuk membuat perencanaan setelah produk Anda benar-benar diluncurkan. Mengupas data serta ulasan dari para pengguna menjadi satu kunci sukses keberhasilan peluncuran sebuah produk baru.

Menentukan Target yang Tepat

Agar peluncuran produk berjalan lancar, maka harus memiliki target yang tepat. Anda bisa mulai mencari konsumen dan memberikan kesempatan kepada mereka untuk mencoba produk Anda terlebih dahulu tanpa paksaan untuk membelinya dengan cara memberinya secara gratis. Tujuannya untuk memperkenalkan produk dan memberikan konsumen kesempatan untuk mencobanya tanpa paksaan untuk membeli produk itu. Kamu juga ingin mereka mengalaminya sendiri untuk melihat cara kerja produk itu.

Menentukan Keunikan Produk
Dalam bersaing melawan produk kompetitor, sudah seharusnya produk Anda mempunyai perbedaan atau keunikan tersendiri yang tidak dimiliki oleh produk kompetitor sehingga konsumen meiliki ketertarikan khusus terhadap produk Anda. Hal ini juga akan memberikan cerminan tersendiri pada produk Juragan agar tidak terkesan sama dengan produk lama yang lebih dahulu beredar. 

Menentukan Strategi Marketing yang sesuai
Dalam dunia bisnis, Anda perlu menggunakan strategi marketing yang tepat agar dapat menjangkau konsumen yang luas. Bisa menggunakan marketing secara online, offline, atau bahkan memanfaatkan keduanya. Hal ini perlu dipertimbangkan matang-matang agar pemasaran produk lebih luas.
Buat kampanye promosi produk yang komprehensif untuk meningkatkan minat target konsumen pada produk baru dari brand kamu. Ada banyak jenis strategi kampanye produk, termasuk:

  • Promo launching produk.
  • Memberikan diskon, voucher, atau cashback
  • Promosi beli 1 gratis 1 atau produk bundling
  • Tawarkan gratis ongkir untuk pembelian online.
  • Giveaway di media sosial.
  • Beri garansi produk.
    Ada banyak lagi cara promosi yang menarik yang bisa kamu coba dan harus mengikuti tren.

Pilih Waktu Launching Terbaik
Jangan terburu-buru mengeluarkan produk baru, terutama bila produk belum siap rilis karena satu dan lain hal. Selain itu, manfaatkan momen dan tren. Misalnya, launching produk busana muslim setidaknya 1-2 bulan sebelum bulan Ramadan. Selanjutnya, Anda juga bisa memberikan sampel produk atau tes produk untuk memberikan pengalaman yang baik kepada pelanggan. Lakukan berbagai promosi saat launching produk untuk menarik pembeli.

Yuk Tanya Radja Digital