fbpx

Tips Jitu Jualan Lewat Instagram, Panen Cuan!!

Sejak Diluncurkan pada tahun 2010, Instagram telah digunakan oleh setiap orang di dunia. Ini adalah peluang besar bagi anda para pebisnis untuk memasarkan produk anda lewat Instagram.

Banyak brand yang berhasil meningkatkan penjualan dan brand awarness melalui platform ini. oleh karena itu, anda harus memaksimalkan platform ini untuk mensukseskan bisnis anda. Ini alasannya:

  1. Instagram memiliki lebih dari satu miliar pengguna bulanan aktif dan 500 juta story Instagram setiap hari.
  2. Terdapat 61 juta lebih pengguna aktif Instagram di Indonesia
  3. Ada 25 juta profil bisnis di Instagram.
  4. 80% pengguna Instagram mengikuti setidaknya satu bisnis, dan 72% pengguna mengatakan mereka telah membeli produk yang mereka lihat di platform tersebut.
  5. 70% dari hashtag atau tagar Instagram adalah buatan pemilik usaha

Instagram juga mempermudah penggunanya untuk mempromosikan produk atau jasa. Jika anda ingin mendapatkan keutungan dari platform ini, sudah seharusnya anda menyusun strategi yang tepat dan akurat untuk menggaet target market anda yang ada di Instagram. Berikut beberapa tips jualan di instagram yang dapat membantu anda mendapatkan keutungan yang nyata dari Instagram.

1. Fokus pada Kesan Halaman pertama Anda

Kesan pertama itu penting. Pernyataan ini barlaku di d dunia nyata maupun dunia maya. Ketika orang mengunjungi Intagram anda, apa yang pertama mereka lihat? Mereka melihat foto profil anda, biografi, postingan terakhir, jumlah pengikut dan lain sebabagainya yang pertama mereka lihat. Semestinya pengunjung sudah tidak memiliki pertanyaan ketika sudah melihat itu semua.

Yang kami maksudkan adalah kesan pertama Instagram anda harus jelas. Profile anda harus sudah bisa menjelaskan siapa anda dan apa yang anda lakukan. Hal yang terpenting dalam bab ini adalah profile anda harus simpel, punya tujuan yang jelas, dan mudah diingat

Pada dasarnya jika Profile Instagram anda tidak menarik perhatian audience, maka anda tidak akan memiliki keberuntungan untuk mendapatkan pengikut yang baru, begitu juga sebaliknya.

2. Tingkatkan Followers 

Berikutnya langkah yang sukses marketing lewat Instagram adalah meningkatkan basis pengikut anda. Tanpa banyak pengikut, anda akan berjuang untuk membuat postingan anda terlihat dan tidak mudah bagi anda untuk meningkatkan penjualan.

  Bagi anda yang baru saja membuat akun Instagram, ini akan memakan waktu untuk memulainya dari 0. Tetapi akan lebih mudah jika bisnis anda sudah dikenal banyak orang dan memiliki pelanggan yang loyal.

lebih dari 73% orang mengikuti suatu brand di media sosial karena mereka tertarik dengan produk atau layanan yang ditawarkan. Buatlah audience tertatrik dengan brand anda dan buat mereka mengikuti Instagram anda.

Ada beberapa cara jitu agar audience mengikuti anda, salah satunya dengan mengirimkan pesan atau email kepada audience tertarget. Misalnya, anda mengirimkan email beberapa bulan sekali untuk memberitahu audience jika ingin mendapatkan diskon yang lebih sering, dapat ditemukan di akun Instagram anda. Jika anda menggunakan strategi marketing ini, pastikan 

Selain menjangkau audience melalui email, anda juga bisa mengaitkan akun Instagram anda pada platform sosial media lainnya. Gunakan sosial media lainnya untuk mempromosikan akun Instagram anda, jika anda memiliki akun sosial media yang saling berkaitan maka akan mudah mempromosikannya secara bersamaan.

Setelah Anda mengambil langkah-langkah ini, cara lain yang bagus untuk mendapatkan lebih banyak pengikut adalah dengan mengikuti orang lain. Namun hal yang harus diperhatikan adalah jangan ikuti pengguna acak atau random people.

Temukan pengikut yang sesuai dengan audiens target Anda. Itu akan menjadi pilihan terbaik Anda dalam hal menghasilkan prospek baru dan mendorong penjualan.Setelah Anda menambahkan banyak pengikut baru, akan jauh lebih mudah bagi Anda untuk mendorong penjualan dengan strategi Instagram marketing Anda.

3. Posting Konten Secara Teratur

Ingat tujuan anda,anda ingin brand anda selalu segar dihadapan pengikut anda. perlu strategi tepat agar psotingan anda tidak menjadi postingan yang dianggap spam oleh pengikut anda. Penelitian menunjukkan bahwa brand yang terkenal memposting di akun Instagram mereka sebanyak 1,5 kali perhari, atau sekitar 10 hingga 11 postingan per minggu.

Waktu untuk memposting jugs perlu untuk diperhatikan, setiap brand memiliki waktu efektif yang berbeda-beda tergantung target market  masing-masing brand. tetapi kebanyakan brand terkenal memilih waktu posting pada jam kerja. Mengapa?

Sekitar 90% karyawan mengaku menggunakan media sosial sebagai pengalih perhatian saat mereka sedang bekerja. Anda perlu mengenali ini dan merencanakan waktu posting Anda dengan  sesuai. Posting secara teratur meningkatkan eksposur Anda dan kemungkinan bahwa sebanyak mungkin orang akan melihat konten Anda.

4. Buat Postingan yang Bervariasi

Memang tujuan anda ketika berjualan lewat Instagram adalah meningkatkan penjualan, namun tidak berarti semua postingan merupakan promosi produk.Itu akan mengganggu pengikut anda dan akan memiliki efek yang sebaliknya dari apa yang anda inginkan.

Buatlah postingan semenarik dan sebagus mungkin agar pengikut tidak bosan dan jenuh ketika melihat postingan anda asalkan tidak terlalu menyimpang dari citra brand anda.

Sekali lagi, hindari terlalu banyak konten promosi dan perbanyaklah konten edukasi tentang produk yang anda jual, seperti manfaatnya, kerugian jika tidak menggunakannya, atau testimoni, yang dikonsep dengan bahasa edukasi jangan menggunakan bahasa promosi.

Untuk captionnya, gunakan bahsa yang mudah dimengerti pengikut anda, hindari bahasa yang terlalu baku yang dapat mengakibatkan pengikut anda bosan dan jenuh jika membaca caption anda. gunakan bahasa yang santai tapi jelas dan mudah dimengerti.

5. Maksimalkan Instagram Story

Story adalah tempat yang bagus untuk meningkatkan interaksi dengan pengikut anda. postinglah beberapa kali sehari untuk menunjukkan bahwa brand anda masih aktif dan selalu memberikan informasi terbaru.

Anda juga perlu memerhatikan waktu posting story anda relevan karena batas story pada Instagram hanyalah 24 jam. Kami sarankan menggunakan story anda untuk menawarkan diskon, menjalankan campaign, atau memberi tahu orang-orang apa yang anda rencanakan hari itu di kantor.

Seluruh ide di sini adalah untuk membangun kesadaran merek Anda di benak mereka. Jika mereka memikirkan merek Anda, mereka cenderung melakukan pembelian. Sekali lagi, ini akan memudahkan Anda untuk mengekspos merek Anda ke khalayak yang lebih luas.

6. Bermitra dengan Influencer

Menggunakan influencer untuk mempromosikan brand, produk, atau layanan adalah strategi marketig yang sangat efisien. Faktanya, 94% pemasar mengataka bahwa pengaruh sosial influencer dsangat efektif dan ampuh untuk menarik perhatian auidence. Itu karena influencer sangat dipercayai oleh pengikut mereka.\

Sekita 82% orng cenderung mengikuti rekomendasi influencer atau selebgram yang mereka ikuti.Pada dasarnya jika anda dapat memasarkan produk lewat influencer, maka anda akan mendapatkan penjualan.

Kebanyakan influencer hanya akan membebankan biaya untuk sebuah pos. Namun, jika Anda lebih suka bekerja dengan influencer selebritas, bersiaplah untuk menghabiskan lebih banyak uang.

7. Optimalkan hastag

Caption sama pentingnya dengan gambar atau vidio pada postingan anda. Sebagai permulaan, Anda dapat menggunakan yang sudah ada sehingga orang lain dapat melihatnya. Misalnya, Anda dapat memilih tagar yang mempromosikan acara nasional. Ide lain adalah membuat tagar Anda sendiri. Ini akan jauh lebih spesifik untuk merek. Anda dapat menggunakan tagar hanya dengan nama merek Anda dan juga nama kampanye Anda.

Tagar pasti diperlukan dan banyak pendekatan berbeda untuk ini. Jika anda ingin menjalankan campaign di Instagram, anda dapat memilih hastag yang unik untuk campaign tersebut.

8. Gunakan UGC (user generated content)

User generated content atau bisa disebut juga konten yang dibuat pengguna lain.Promosi seperti ini akan mendorong pengikut anda untuk memposting konten yang terkait dengan brand anda ke profil pribadi mereka.

Hasilnya, brand anda akan terpapar langsung ke semua pengikut yang berteman dengan pengguna tersebut. Jenis konten ini bertindak sebagai rekomendasi yang akan sangat efektif untuk meningkatkan penjualan ada.

9. Jalankan Iklan yang Tertarget

Bagaimana anda dapat menjangkau seseorang selai pengikut anda? Beberapa strategi, seperti penandaan lokasi, menjalankan campaign, dan bekerja dengan influencer sosial dapat mencapai ini. Namun, strategi itu tidak selalu mengekspos merek Anda kepada orang-orang di dalam target pasar Anda. Menjalankan iklan tertarget akan melakukan ini.

Beberapa strategi, seperti penandaan lokasi, menjalankan campaign, dan bekerja dengan influencer sosial dapat mencapai ini. Namun, strategi itu tidak selalu mengekspos merek Anda kepada orang-orang di dalam target pasar Anda. Menjalankan iklan tertarget akan melakukan ini.

10. Manfaatkan Fitur Swipe Up

Fitur swipe up adalah game changer untuk bisnis anda. Selama ini mungkin anda kesulitan untuk mengarahkan pengikut anda ke website dari tautan tertentu.

Tapi dengan fitur swipe yang dapat anda gukana pada story Instagram akan sangat mempermudah anda dalam mengarahkan pengikut anda ke website yang merupakan sumber dari bisnis anda

 

 

 

Yuk Tanya Radja Digital