Perkembangan teknologi memang telah mengubah segalanya. Mayoritas penduduk Indonesia sekarang merupakan pengakses internet yang bisa Anda jangkau dengan mudah. Tak heran perusahaan-perusahaan besar pun menjalankan marketing online sebagai strategi pemasaran mereka karena efektivitasnya. Meskipun bisnis yang Anda jalankan masih bisnis modal kecil, Anda juga wajib melakukan strategi digital dalam memasarkan produk-produk Anda. Ada banyak strategi marketing online yang dapat Anda lakukan tanpa mengeluarkan banyak biaya. Dibanding media konvensional yang sekarang mulai surut, pemanfaatan internet sebagai media promosi punya banyak kelebihan. Sebagai contoh, internet memungkinkan kita berinteraksi dengan konsumen kapan saja dan di mana saja, secara murah bahkan gratis. Dengan kata lain, kita jadi lebih leluasa untuk melakukan promosi.
Walaupun pemasaran dengan sosial media itu gratis, tapi bisa memakan waktu, sama halnya dengan blogging atau cara marketing online lain. Namun, jika memakai iklan di media cetak dan elektronik, bisa mahal. Lalu saluran pemasaran apa yang terbaik untuk bisnis modal kecil?
Blog
Secara sekilas mungkin blog mirip dengan website, namun nyatanya kedua hal tersebut justru berbeda. Blog lebih khusus dimaksudkan untuk mendukung upaya promosi. Karena itu, konten blog biasanya berisi artikel seputar bisnis dan produk toko online. Termasuk berita-berita terbaru mengenai toko online bersangkutan dan prestasi yang sudah diraih. Maren Hoga, Head Advertising Mind di Red Branch Media, menilai blogging adalah salah satu strategi marketing online terbaik untuk bisnis modal kecil. Sebab dengan berbagi konten edukasi di blog yang notabene bukan konten hard selling, termasuk berpromosi dengan cara elegan melalui sentuhan sosial. Jika Anda ingin menjadi seorang ‘spesialis di bidang tertentu dengan cepat, metode positioning sepertinya pas buat kamu. Konten blogging juga berdampak positif pada SEO. Dengan melakukan blogging setidaknya dua kali seminggu, website-mu akan semakin mudah ditemukan oleh mesin pencari.
Manfaatkan Social Media
“Jika bisnis modal kecil Anda tidak menggunakan media sosial, saatnya untuk membuatnya,” Kata Mike Volpe, CMO, Hubspot. Media sosial menghasilkan dua kali lipat pada pemasaran di pameran perdagangan, telemarketing, atau surat langsung. Cara marketing online memang sangat bergantung dengan social media marketing. Karena media sosial ini bisa menjadi luar biasa, pilih satu media sosial dimana pelanggan, calon pelanggan, dan pemimpin industri Anda terlibat baik dengan itu bisa saja Facebook, LinkedIn, Twitter, dan Google+ dan mulailah untuk aktif di sana. Setelah membuat akun, mulai bagikan konten asli Anda, bergabung dengan forum diskusi, dan terlibat dengan komunitas. Lakukan secara sering. Tetaplah relevan dan bermanfaat bagi pengunjung.
Email Marketing dan Email Reminder
“Email marketing sangat bagus untuk menarik pelanggan, tapi Anda benar-benar membatasi potensi jika hanya menyimpannya,” kata Ron Cates, direktur, Digital Marketing Education, Constant Contact. Pastikan untuk mengintegrasikan kampanye email marketing dengan cara marketing online lainnya untuk hasil maksimal dan sebaliknya.
Optimalkan Marketplace
Tak kalah penting selain media sosial, Anda juga bisa memanfaatkan situs marketplace. Bagi pelaku bisnis modal kecil, marketplace akan sangat membantu untuk punya halaman toko online sendiri guna melakukan aktivitas promosi dan pemasaran online. Buatlah katalog yang bagus untuk menarik minat dan mendatangkan konsumen. Pastikan untuk mencantumkan deskripsi produk secara detail. Setiap marketplace umumnya juga menyediakan fitur iklan yang bisa Anda manfaatkan untuk memposisikan produk di halaman pertama dan urutan teratas. Cara kerjanya serupa dengan fasilitas ads lainnya. Yakni, saat calon konsumen mengetikkan keyword yang sesuai dengan barang yang kamu jual di toko online-mu, posisi produk kamu otomatis akan berada di halaman teratas dan berada di urutan nomor pertama.