fbpx

Loremp Ipsum

Pengertian

Personal branding adalah bagaimana kamu membentuk citra dirimu, baik dalam hal keterampilan yang kamu miliki hingga karaktermu.  Pentingnya personal branding dalam diri seseorang untuk dikenal banyak orang, menarik, dan memiliki karakteristik yang berbeda dari orang lain. 

Cara Membangun Personal Branding

  1. Tentukan Segmentasi 

Salah satu cara membangun personal branding adalah menentukan pasar secara kreatif. Langkah pertama anda perlu menentukan segmen mana yang ingin dipilih untuk menunjukkan brand personal anda. Contohnya target segmen untuk lingkungan kerja, sekolah, organisasi, komunitas, politik, profesi, atau pertemanan

  1. Target Audience

Langkah kedua adalah menentukan target dan alokasi sumber daya yang efektif. Target dibuat karena sumber daya kita yang terbatas. Contoh sumber daya yaitu energi, pikiran, dan waktu.

  1. Memegang nilai, prinsip dan kepribadian positif

Perhatikan kepribadian dan nilai-nilai industri yang ingin kamu jelajahi. Lihatlah deskripsi pekerjaan dan halaman karir dari perusahaan yang kamu inginkan untuk mengembangkan ide terhadap industri dan pastikan personal branding kamu tepat sasaran.

Pastikan kamu memegang nilai, prinsip dan kepribadian positif untuk meningkatkan personal branding kamu di mata perekrut maupun publik.

  1. Konsitensi

Personal branding merupakan sesuatu yang perlu kamu bangun secara terus-menerus, dan konsisten. Pasalnya hal ini adalah penegasan atau penyataan mengenai siapa dirimu, apa kemampuanmu, dan apa yang kamu sukai.

  1. Menjaga Nama Baik
    Menjaga nama baik penting untuk membangun kembali personal branding. Terkadang reputasi individu bisa buruk di mata publik, sehingga perlu membangun kembali reputasi. Contohnya artis yang terkena skandal membutuhkan waktu dan pemulihan nama baik. Proses ini membantu memulihkan seseorang untuk kembali dikenal publik.




Yuk Tanya Radja Digital