Fungsi Sebuah Logo

Saat Anda sedang merancang sebuah brand pasti Anda juga akan memikirkan bagaimana caranya agar konsumen mengingat brand Anda. Membangun identitas brand dengan profesional dapat membuat konsumen mengingat brand Anda. Salah satu identitas brand adalah logo, logo memiliki peran penting dalam sebuah proses branding.
Berikut kami sertakan alasasanya :
Sebagai identitas brand
Dalam ilmu marketing, sebuah brand yang baik adalah ketika konsumen hanya melihat logo maka konsumen dapat langsung mengetahui brand tersebut. Sebagai contoh ketika Anda sedang jalan-jalan lalu menemukan logo berbentuk “M” berwarna kuning maka Anda akan mengetahui bahwa itu adalah logo dari Mc Donald’s.
Untuk menarik perhatian
Banyak bisnis lahir di era ini maka sebagai konsekuensinya persaingan pun juga menjadi ketat. Konsumen akan kebingungan memilih produk karena terlalu banyak brand yang menawarkan produknya. Memiliki logo bisa membantu Anda membuat konsumen melirik brand Anda. Sebagai contoh, dari sekian banyak coffeeshop yang ada pasti Anda akan mengingat Starbucks. Hal itu terjadi karena logonya yang unik dan didukung elemen branding lain.
Membangun kepercayaan
Logo dapat memberikan rasa percaya terhadap pasar. Bayangkan Anda sedang berjalan-jalan ke toko elektronik, kemudian Anda menemukan dua produk laptop dengan spesifikasi dan harga yang sama, satu dari laptop tersebut menyertakan logo brandnya sehingga anda dapat mengetahui produsen laptop tetapi salah satu dari laptop tersebut tidak disertakan logo brand sehingga Anda bingung pabrik mana yang memproduksi laptop tersebut.
Setelah kita pelajari fungsi logo diatas maka sebagian dari kita akan berfikir mengapa beberapa alasan terasa mirip, hal itu terjadi karena memang tiap fungsi tersebut memiliki keterkaitan. Begitu juga ketika kita mempelajari fungsi logo dan brand maka kita akan menemukan fungsi yang sama, hal itu juga terjadi karena memang logo dan brand adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan.